Daerah

Pangdam III/Slw Dampingi Kasad Panen Raya di Sukabumi

0

Kab. Sukabumi, telepastinews.com , – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar, MPICT., bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.IK., M.Si., mendampingi Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., bersama Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman melakukan Panen Raya jagung dan singkong serta penanaman cabai di Lahan Ketahanan Pangan  Kostrad Desa Neglasari, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (04/06/2024).

Kegiatan Panen Raya merupakan tindak lanjut dari program ketahanan pangan yang menjadi program unggulan TNI AD, selain program manunggal air dan pompanisasi bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih rumah tangga maupun kebutuhan pengairan pertanian dan perkebunan.

Pada kesempatan tersebut Kasad menyampaikan bahwa pilot project Ketahanan Pangan di Kec. Ciemas Sukabumi menjadi salah satu contoh keberhasilan kolaborasi antara Kementan RI dengan TNI AD. Lahan tidur yang semula tidak produktif berhasil diolah menjadi lahan untuk ketahanan pangan.

“Kami berharap kedepannya akan menjadi pilot project untuk daerah lainnya. Kita sudah survei di beberapa daerah seperti Cianjur, Pandeglang di Jawa Tengah, Jawa Timur dan NTT. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini semakin lebih banyak yang kita kerjakan,“ ujar Kasad.

Dengan pemberdayaan lahan tidak produktif menjadi lahan yang produktif seperti di Ciemas, akan membantu masyarakat sekitar dengan melibatkannya  dalam pengelolaan lahan pertanian.

“Bila ada masyarakat yang juga menanam komoditas pertanian jika ada kesulitan, kita akan membantu seperti dalam hal transportasi pemasarannya,“ jelas Kasad.

Pada kesempatan yang sama, Mentan RI Amran Sulaiman mengungkapkan rasa bangganya dan memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan TNI AD untuk membantu pemerintah dalam program ketahanan pangan.

Mentan juga menegaskan akan memberikan bantuan Alat Mesin pertanian (Alsintan) kepada daerah-daerah yang dapat dijadikan lumbung pangan dan berjanji akan memberikan bantuan lebih kepada daerah-daerah yang antusias dalam peningkatan ketahanan pangan di daerahnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasad bersama Mentan RI, Wakasad, Pangkostrad, Pangdam III/Slw dan rombongan mengunjungi fasilitas breeding sapi milik PT Asia Beef dan SMK Pertanian TNI AD, serta meninjau pipanisasi di Puncak Manik.

Kasad juga memberikan  tali asih berupa paket sembako dan santunan kepada anak yatim. Sedangkan Mentan RI memberikan bantuan mesin Pompa, Hand Traktor serta benih padi dan benih jagung. (Pendam III/Siliwangi).

Red*

Dikjurbaif, Membentuk Pemimpin Berkarakter

Previous article

Bhayangkari Cabang Kota Bandung Gelar Doa Bersama Dalam Rangka Menyambut HKGB Ke-72

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah