DaerahSeni & Budaya

Ziarah HUT Kodam III/Siliwangi, Motivasi Dari Para Pejuang

0

Sumedang, telepastinews.com ,- Sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia, pada HUT ke – 77 Kodam III/Siliwangi, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., di dampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ny. Mia Kunto Arief Wibowo melaksanakan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien di Blok Gunung Puyuh Rt 01/11 Desa Sukajaya Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Adhe Hansen di sela mendampingi Pangdam dalam melaksanakan ziarah, Sabtu (20/05/2023).

Lanjut dikatakannya Cut Nyak Dien merupakan sosok perempuan pejuang dari Aceh yang  memimpin perlawanan terhadap Belanda di daerah pedalaman Meulaboh. Heroisme perjuangannya dilakukan sampai kondisi yang menua dan sakit-sakitan. Cut Nyak Dien terus berjuang melawan Belanda hingga akhirnya ditangkap. Untuk menghindari pengaruhnya terhadap masyarakat Aceh, Cut Nyak Dien diasingkan pada tanggal 11 Desember 1905 di Pulau Jawa, tepatnya ke Sumedang Jawa Barat.

“Di tempat pengasingannya, Cut Nyak Dien yang sudah renta dan mengalami gangguan penglihatan tetap mengajar agama dan merahasiakan jati diri sampai akhir hayatnya. Cut Nyak Dien wafat pada 6 November 1908 dan dimakamkan di Gunung Puyuh Kab. Sumedang Jawa Barat. Makam Cut Nyak Dien baru diketahui secara pasti pada tahun 1960 saat Pemuda Aceh sengaja melakukan penelusuran,” jelas Kapendam.

Pangdam beserta rombongan dengan didampingi oleh kuncen makam Gunung Puyuh melakukan ziarah dan doa bersama di pusara makam Cut Nyak Dien.

“Ziarah ini dilakukan sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah,” kata Pangdam.

Mayjen TNI Kunto berpesan bahwa para pahlawan yang telah gugur dalam membela negara dapat menjadi sumber motivasi serta inspirasi bagi yang masih aktif untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa demi kejayaan bangsa dan negara.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, pada kesempatan itu di berikan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang tinggal disekitar makam Pahlawan Nasional Gunung Puyuh Kab. Sumedang. (Pendam III/Siliwangi).

S.H Prasetiyanto / Red*
Editor : Asep R

HUT Kodam III/Siliwangi “Botram” di Lapangan Darongdong

Previous article

Roti Bakar Khas Bandung “Edo Group” Akan Buka di Bandung Raya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah