Daerah

Wujud Kepedulian TNI AD Laksanakan Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana

0

Sumedang, telepastinews.com ,- Kodim 0610/Sumedang laksanakan Program Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembinaan Tanggap Bencana Ta 2022, dengan tema “TNI AD wujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera untuk Indonesia tangguh”, di Aula Desa Baginda Jln Pager Betis No 252 Kecamatan Sumedang Selatan kabupaten Sumedang. Rabu (28/09/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Pasi ter Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Dedi Ruanto, Danramil 1001/Smd utara Kapten Inf Dede Baharudin, Ketua UMKM Sumedang Selatan Dede Suherlan, Supervisor Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang Ruly beserta 7 orang, Babinsa Desa Baginda Sertu Rahya, Babinkamtibmas Brigadir Dik Dik, Anggota Staf Ter Kodim 0610/Sumedang, Ketua UMKM Desa Baginda Hendi Yusup, Penyuluh UMKM Desa Baginda, Anggota UMKM Desa Baginda, Tomas, Toda, Toga Jumlah hadir 50 orang.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0610/Sumedang Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti melalui Pasi ter Kodim 0610/Sumedang Kapten Inf Dedi Ruanto mengatakan, program pembinaan masyarakat tanggap bencana adalah suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat diwilayahnya.

“Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam, melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam,” Ucap Dandim.

BACA JUGA :  Polres Sumedang Gelar Personil Pengamanan Kunjungan Kerja Menperindag RI Di Pasar Tanjungsari Sumedang

Dalam kegiatan ini Kodim 0610/Sumedang juga menggandeng pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pelaku UMKM,t okoh adat, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

“Kegiatan edukasi kebencanaan ini sangatlah penting untuk terus disosialisasikan kepada stakeholder maupun unsur komponen terkait agar dapat tercipta perpaduan yang tepat sehingga cepat saat penanggulangan bencana,” Imbuh Dandim.

BPBD sengaja dihadirkan dalam kegiatan ini, lanjut Dandim untuk membantu secara tehnis dengan memberikan materi dan praktek terkait penanggulangan bencana alam.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini kita mengharapkan sinergi dan kolaborasi dengan unsur maupun komponen masyarakat lainnya dapat terbangun dan bisa berjalan dengan baik,” Tandasnya.

Selain melakukan edukasi secara intensif kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, karena edukasi penting dilakukan mulai dari hal yang kecil.

“Satuan teritorial TNI juga melakukan pemetaan terkait kerawanan bencana alam, sehingga diharapkan apabila terjadi bencana alam, masyarakat tidak panik dan sudah tahu apa yang harus diperbuat,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh pemateri dari BPBD Kabupaten Sumedang tentang Sosialisasi Penanganan Tanggap Bencana Gempa Bumi, longsor dan Angin Puting Beliung dan dilanjutkan praktek dari BPBD Kabupaten Sumedang terkait dengan cara tehnis pemberian bantuan terhadap korban bencana alam.
(Asep R)

Wujud Bukti Komitmen Polri, Timsus dan Kejagung, Usut Tuntas Kasus Pembunuhan Berencana

Previous article

Pabrik Petasan di Indramayu Meledak Satu Orang Pekerja Tewas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah