DaerahSeni & Budaya

Untuk Memajukan Peternak Domba, Pamidangan Genteng Gelar Seni Ketangkasan Domba Garut

0

Sumedang, telepastinews.com ,- Dalam rangka pelestarian dan mengembangkan seni budaya daerah Jawa Barat khususnya di bidang seni Ketangkasan Domba Garut, Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Pamidangan Genteng menggelar acara Latihan Berhadiah (LATBER).

Puluhan domba ramaikan latihan tersebut dalam gelaran acara LATBER di PAMIDANGAN GENTENG, yang berlokasi di wilayah Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Minggu (18/09/2022).

Kang Nanay (kiri) , Bah Momon (Kanan). (Foto : telepastinews.com / AR)

Ketua Pelaksana Muhammad Iqbal, dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Dewan Penasihat Pamidangan Genteng dan juga sebagai Ketua DPC Bidang Organisasi HPDKI Kabupaten Sumedang Bah Momon, yang didampingi Sekjen Pamidangan Genteng Kang Nanay, Mengatakan, “tujuan dari kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antara para peternak, serta ajang latihan sebelum ditampilkan untuk event-event ke yang lebih besar seperti semi kontes ataupun kontes, ” Ucapnya saat di wawancara awak media di lokasi.

Foto: telepastinews.com / AR

Gelaran di Pamidangan Genteng ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap bulan di minggu ketiga, kegiatan ini diikuti oleh berbagai padepokan, yang mengikuti tandingan silaturahmi dan latihan kurang lebih 80 Pamilon (Peserta).

BACA JUGA :  JUM'AT BERKAH, BARISAN BENTENG RAYA PAJAJARAN (BBRP) KOTA BOGOR BERBAGI NASI BUNGKUS

Untuk latihan ini tidak ada kelas-kelas khusus, lanjut Bah Momon, “berbeda dengan kontes atau semi kontes banyak kategori domba yang  dikonteskan, diantaranya ada kelas A, B, C dan Favorit Tempur, kalau di latihan ini tidak ada kelas-kelasnya.” Imbunya.

Seni Ketangkasan Domba Garut
(Foto: telepastinews.com / AR)

Bah Momon berharap HPDKI Kabupaten Sumedang mudah-mudahan lebih maju serta semakin kompak, saya juga berharap kepada para Pamilon, acara di Pamidangan ini merupakan ajang silaturahmi tempat melatih domba, mudah-mudahan dengan adanya budidaya akhir berujung menjadi budaya, semoga para peternak dan para petani ternak domba bisa lebih meningkat nilai jual dan ekonominya.

“Karena budaya ini hasil turun temurun dari Karuhun (Nenek moyang) dan juga hasil dari budidaya para peternak, dari sinilah domba-domba terbaik dicoba di Pamidangan sehingga nilai jual juga akan meningkat.” Pungkas Bah Momon.

Sementara itu salah seorang peserta latber Cep Kacang dari Padepokan Medal Mandiri dengan domba andalannya Si Koboy, mengaku, domba andalannya pernah meraih juara 1 saat mengikuti semi kontes di Pamidangan Genteng, bagi saya tempat ini memuaskan.

Cep Kacang (Kanan) bersama "Si Koboy" / Padepokan Medal Mandiri

Domba “Si Koboy” / Padepokan Medal Mandiri
(Foto: telepastinews.com / AR) 

“Si Koboy ini sering tampil di beberapa tempat Pamidangan, diantaranya di Sumedang, Darmaraja masuk juara 2 Kontes, terus kemaren di Cigendel masuk juara juga,” Ujar Cep Kacang.

Rukmana / Pa Raden (Penghobi dan Peternak Domba)

Rukmana / Pa Raden (Penghobi dan Peternak Domba)
(Foto: telepastinews.com / AR)

Ditempat yang sama menurut salah seorang penghobi Seni Ketangkasan Domba Garut yang sedang menyaksikan, Rukmana/Pa Raden (60), ia mengaku sebagai peternak domba pedaging dan jual beli juga yang berasal dari daerah desa margaluyu, selalu aktif dalam menonton seni ketangkasan ini bahkan sampe ke daerah Cijambu, Cikandang, Cibacang, Cimalaka, Unpad Jatinagor, karena memang hobi dan sekalian untuk melihat perkembangan dan pasaran harga domba.
(Asep R)

Dua Pekan Pasca Kenaikan Harga BBM Pengunjung Kolam Renang Panyindangan Menurun

Previous article

Masyarakat Harus Tetap Waspada, Seorang Warga Tanjungsari Meninggal Dunia Positif Covid 19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah