Politik

Sosok Cawabup Sumedang Generasi ke-5 Turunan Langsung Bupati Sumedang, Pangeran Sugih.

0

Sumedang, telepastinews.com – Brigjen TNI (P) Hj GRARV Mustikaningrat MA CT merupakan sosok perempuan yang muncul dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumedang 2024. Calon wakil bupati (Cawabup) Sumedang itu dijadwalkan mendaftarkan diri bersama Cabup Irwansyah Putra ke KPU Sumedang pada Kamis, 29 Agustus 2024 sore.

Cabup-Cawabup Irwansyah Putra-Brigjen TNI (P) Hj GRARV Mustikaningrat MA CT diusung dari PDI Perjuangan. Irwansyah Putra adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumedang yang juga mantan ketua DPRD Sumedang.

Sedangkan Brigjen TNI (P) GRARV HJ Mustikaningrat MA CT adalah srikandi kelahiran Jakarta, 15 November dan merupakan generasi ke-5 turunan langsung Bupati Sumedang, Pangeran Soegih (Soeria Kusumah Adinata). Kakeknya adalah mantan Bupati Sukabumi kelahiran Tomo (Kabupaten Sumedang) yang juga menjadi pupuhu se-Pasundan dan beliau penari klasik handal.

Terlahir sebagai putri diplomat dan juga eks tentara. “Nama Mustikaningrat adalah pemberian sang Kakek, RAA Soeriadanoeningrat aki Gelung putra Rd Panji dan cucu langsung dari Pangeran Sugih (Pangeran Soeria Koesoemaadinata) yang merupakan Bupati Sumedang kala itu,” jelasnya.

Purnawirawan Perwira Tinggi TNI Angkatan Darat dengan jabatan terakhirnya sebagai Direktur 15 Amerop De 1 dan Agen Madya Deputi I Badan Inteligen Negara (BIN). Hal yang luar biasa, Mustikaningrat lulusan Sepawamil tahun 1987, pernah tercatat mendapat pelatihan di Den 81 Kopassus.

Meraih gelar sarjana di University of Indonesia pada 1986 jurusan Sinology dan gelar S-2 Master’s Degree in Strategic Security Studies (Counter Terrorism) NDU, USA pada 2013. Dalam hal pengalaman organisasi dan pengalaman kerja juga sudah tidak diragukan lagi.

Riwayat penugasan luar negeri di antaranya undangan Sultan Brunei, Walsus AB (Brunei, Malaysia, Singapore, Timur Tengah), Interpreter/Pam RI 3 (RRC), tugas belajar USA (monterey, L.A Rhode Island & Washington DC), tugas khusus Singapore dan Walsus AD I (UK, Saudi Arabia, NY Hawaii, India, Japan, Spain, South Korea) serta PBU Athan (RRC, North Korea, Hong Kong).

Hal paling menarik menjadi ADC Lady Diana & Raja Arab. Mustikaningrat juga aktif d Perbakin dan Pramuka. Terakhir, dia sempat bergabung di Amman Mineral (New Mount Mining), Batu Hijau-Nusa Tenggara Barat sebagai Head of Security Affairs. (herman)

 

Memahami Strategi Kebijakan Prabowo Subianto dalam Memaknai Makan Siang Gratis Bergizi bagi Anak-Anak Sekolah, Balita dan Ibu Hamil.

Previous article

KH. Mutobiin Al-Hayyi Himbau Demonstran Beraksi Santun dan Bijaksana

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik