Daerah

Refresh Akhir Tahun Desa Cinanggerang, Berbagai Program Tahun 2022 Telah Terlaksana

0

Sumedang, telepastinews.com ,- Menurut pantauan wartawan di lapangan Desa Cinanggerang, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang merupakan salah satu desa yang tempatnya terpencil, karena jalan akses ke tempat tersebut sangat jauh dari jalan raya Provinsi dan juga jalan akses ke daerah tersebut sangat kurang nyaman untuk dilewati kendaraan.

Saat di wawancara awak media Kepala Desa Cinanggerang Ade Suryana, menjelaskan Program Desa Cinanggerang di tahun 2022 untuk yang telah terlaksana diantaranya rabat beton di RW 01 sepanjang 80 x 3 meter, TPT di RT 02 RW 02, TPT di Dusun Cihidras.

Karena biaya membengkak dikarenakan adanya kenaikan BBM, Lanjut Ade, “Program TPT yang awalnya 300 meter hanya bisa terealisasi 240 meter, ” Paparnya saat di temui awak media di ruang kerjanya. Jumat (23/12/2022)

Dari dampak kenaikan BBM tersebut pertama HOK, kuli Laden yang dianggarkan 75.000 jadi 80.000, Tukang yang dianggarkan 90.000 jadi 100.000. Ditambah lansir barang harga batu yang awalnya di taksir 260.000 /kubik menjadi 300.000 /kubik, pasir dari 280.000 /kubik menjadi 300.000 /kubik. Jadi pembangunan  hanya bisa terlaksana 240 meter yang targetnya 300 meter.

“Tadinya ongkos lansir tidak ter anggarkan, karena jauh lokasinya, sehingga pembangunan hanya bisa mencapai 240 meter itu pun sudah maksimal.” Katanya.

TPT Ciidras HOK yang semula ditarget 107 orang menjadi 164 org dan karena cuaca hujan para pekerja pun banyak berteduh atau tidak maksimal kerjanya, Pembangunan gedung Paud / Madrasah sirojul khohar di Rw 03 serta 2 bangunan hasil swadaya masyarakat, untuk tempat tinggal ustadz dan buat kost santri yang terbuat dari kayu yg unik dan langka terkesan alami.

“Untuk program di bidang kesehatannya yang sekarang, Alhamdulillah dari ketahanan pangan, pengembangan ternak domba sudah terlaksana sebanyak 54 ekor, telah direalisasikan ke setiap RT dan di berikan per KPM 1 ekor. Untuk ketahanan pangan yang tadinya untuk membeli gabah karena warga masyarakat kurang mendukung, saya alihkan dalam perubahan anggaran ke irigasi Dusun Cicengek Blok Cicengek, karena irigasi salah satu untuk menunjang sarana ekonomi, karena sangat diperlukan oleh masyarakat untuk pengairan blok Cicengek irigasi DI Cipaku 3 dibawah. Untuk anggaran yang 8% untuk Covid karena tidak terserap, rencana sekarang di alihkan ke renovasi Poskesdes. ” Tandasnya.

Dari SDM nya ada pembinaan, peningkatan kapasitas perangkat, Kapasitas BPD dan pemberian makanan tambahan untuk balita dan Bumil sudah terlaksana, dan jalan yang kemaren longsor di Cibuluh 2 itu dari TPT pemindahan lokasi ke Dusun 2 sudah terlaksana walau anggaran sangat minim di maksimalkan.

Kades Ade Suryana Berharap untuk kedepannya di tahun 2023 kita harus lebih maju lagi, untuk lebih ekstra lagi, karena di ruangan ini juga (Kantor Desa) belum punya Mushola, Ruangan PKK mudah-mudahan bisa menambah ruangan ke atas.

“Selanjutnya untuk infrastruktur terutama jalan, ini jalan kabupaten, mudah-mudahan bisa terlaksana di tahun 2023, karena ini¬† jalan sangat parah juga yang menghubungkan Cinanggerang – Mekar rahayu, Cinanggerang – Cimarias, karena Cinanggerang tidak punya muka dan tidak punya jalan. Terus beban kesana jalan ke Mekar Rahayu sudah hancur lagi itu dampak longsor karena musim hujan, yang ke Cimarias jalan arah perkebunan itupun sudah sangat hancur karena ada anjlok itu, ya kurang lebih 6 KM lagi kesini (Cinanggerang). Ya mudah-mudahan di tahun 2023 bisa terlaksana, dan di usahakan prioritaskan perbaikan jalan harus di mulai dari Cinanggerang dulu.” Harapnya.

“Sehingga masyarakat merasakan benar-benar ada perjuangan dari Kepala Desa, dan mudah-mudahan ini juga kalau dilihat dari anggaran sekarang sudah ada perubahan, yang tadinya BLT 40% minimal dan sekarang 25% maksimal, dari situ pun sudah kelihatan berarti untuk diarahkan ke pembangunan, juga kedepannya ada alokasi untuk desa wisata yaitu Curug Pari hanya akses jalannya belum bagus.” Pungkas Kepala Desa Ade Suryana.
(Asep R)

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Sumedang Panen Raya Jagung

Previous article

Peduli Kesehatan Masyarakat, Pemdes Sukawangi Laksanakan Cek Darah dan Gula Darah Gratis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah