Daerah

Program Desa Kutamandiri di Tahun 2022 dan Penyaluran BLT DD Tahap Terakhir

0

Sumedang, telepastinews.com ,- Akhir tahun ini 2022 Desa Kutamandiri salurkan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) Tahap ke 12 atau yang terakhir dibulan Desember dari APBDes 2022 kepada 108 Orang, dari 4 kadus atau 15 RW dari 42 RT, di GOR Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang. Kamis (22/12/2022).

Selain BLTDD, Desa Kutamandiri sebelumnya telah menyelesaikan Program-program di tahun 2022 yakni tahap 1 dan 2.

Realisasi Dana Desa tahun 2022 Menurut Kepala Desa Kutamandiri Agustina, “untuk fisik memang tidak terlalu banyak, sekarang kita banyak di pemberdayaan dan memang kebetulan di tahun 2022 ini kita diarahkan untuk mengikuti Perpres 104, yang tidak bisa menggunakan dana desa semau yang kita mau, dalam artian bahwa sudah diatur pengalokasiannya oleh aturan yang mana 40% untuk BLT DD, 8% masih dalam kondisi Covid, 20% untuk ketahanan pangan baik hewani dan nabati, sisanya baru bisa digunakan¬† untuk kegiatan lain di Desa, ” Jelasnya.

Selain itu diluar fisik pun ada kesejahteraan lanjut Kades, “dalam artian dana kesehatan disitu ada intensif-intensif untuk para kader Posyandu, Guru Ngaji, Guru PAUD dan bidang-bidang lain seperti PHBI dan PHBN itu yang sisa dari alokasi 20%, 8% dan 40%, jadi sekitar 32% digunakan untuk Desa, ” Imbuhnya.

Untuk program tahun 2022 Desa Kutamandiri bisa menyelesaikan pekerjaan fisik diantaranya TPT Untuk Makam, jalan poros desa sedikit sekitar 40 meteran dan sarana air bersih 2 titik, dikarenakan belum turun tahap ke 3 sehingga yang lainnya belum bisa dilaksanakan.

Karena memang sekarang mau masuk tahun 2023, Kades berharap, “Covid benar-benar sudah hilang di Indonesia, otomatis anggaran DD tidak terkoreksi untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Covid. Saya berharap juga PMK 104 dari pemerintah yaitu Presiden bisa terkoreksi agar Desa bisa menjadi subjek dalam artian bukan hanya sebagai penerima manfaat tapi juga bisa mengalokasikan dana sesuai apa yang dibutuhkan oleh warga Desa itu sendiri, karena Desa lah yang paling tahu apa potensi wilayah, jadi bilamana di berikan keleluasaan otomatis dana desa akan di maksimalkan untuk keperluan dan kebutuhan sesuai apa yang dibutuhkan oleh warga. ” Pungkasnya.
(Asep R)

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 di Mapolres Sumedang

Previous article

Laksanakan Ops Lilin Lodaya 2022, Kapolres Sumedang Cek Kesiapan Pos pengamanan dan Gereja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah