FeatureKHAZANAH ISLAMNasional

Mengenang Jasa Para Pahlawan Pendahulu Patriot Siliwangi Sejati Kibarkan Bendera Setengah Tiang

0

Bandung, telepastinews.com ,- Warga Negara Republik Indonesia hari ini 30 September 2022 dihimbau untuk mengibarkan Bendera Setengah Tiang.

Sebagai mana kita ketahui pengibaran bendera setengah tiang dilakukan untuk memperingati perjuangan para pahlawan kita terdahulu dalam rangka mempertahankan NKRI terhadap sejarah pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Hal tersebut yakni 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September (G30S-PKI).

Iwan Sejati (Dewan Pembina Patriot Siliwangi Sejati)

Menyikapi hal tersebut Dewan pembina Patriot Siliwangi Sejati, Iwan Sejati menyampaikan, “sebagai generasi penerus bangsa kita wajib mempelajari sejarah masa lalu bangsa kita agar sejarah buruk dimasa lalu jangan sampai terjadi kembali dan sebagai generasi penerus kita wajib mengenang jasa para pahlawan kita terdahulu agar kita selalu waspada serta dapat berbuat, berkarya nyata di era kekinian dalam mempertahankan negara kita yang kita cintai ini dalam bingkai NKRI.” Tutunya, Jumat (30/09/2022).

Patriot Siliwangi Sejati saat mengibarkan Bendera Merah Putih Setengah Tiang.
(Sumber Foto : Ketum Patriot Siliwangi Sejati)

Sementara Wa Didin (Ketua Umum Patriot Siliwangi Sejati) mengatakan, “ya kita sebagai warga NKRI hukum nya wajib untuk mengingat jasa para pahlawan kita dulu, sehingga Saya (Patriot Siliwangi Sejati) menginstruksikan kepada keluarga besar Patriot Siliwangi Sejati untuk melakukan pengibaran bendera setengah tiang untuk mengenang dan menghormati para Pahlawan kita.” Pungkasnya.

BACA JUGA :  Pangdam III/Siliwangi : Pemuda Untuk Indonesia Sekarang dan Masa Depan

Inilah tata cara pengibaran Bendera Setengah Tiang :

Aturan mengenai prosedur pengibaran bendera setengah tiang tertuang dalam Undang-undang RI Nomor 24 Tahun 2009 pasal 14 ayat 2 dan 3 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Berikut isinya:

Pasal 14
(2) Bendera Negara yang dikibarkan setengah tiang, dinaikkan hingga ke ujung tiang, dihentikan sebentar dan diturunkan tepat setengah tiang.
(3) Dalam hal Bendera Negara sebagaimana dimaksud pada ayat (2) hendak diturunkan, dinaikkan terlebih dahulu hingga ujung tiang, dihentikan sebentar, kemudian diturunkan.


(Asep R)

Memperingati HUT TNI ke 77 Kodam III / Siliwangi Akan Gelar Ekspedisi Napak Tilas Bojong Kokosan

Previous article

150 Orang Siswa/i SMK PGRI 1 Gantar Indramayu Diberikan LDK Oleh Babinsa Koramil 1007/Congeang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature