Politik

Memahami Strategi Kebijakan Prabowo Subianto dalam Memaknai Makan Siang Gratis Bergizi bagi Anak-Anak Sekolah, Balita dan Ibu Hamil.

0

Bandung, telepastinews.com – Menurut angka kecukupan gizi (AKG) kebutuhan gizi berbeda-beda disesuaikan dengan kelompok usia sebagai berikut : Kebutuhan gizi 0-5 bulandiutamakan melalui asi eksklusif dan kebutuhan gizipun dianjurkan protein energi, lemak, Vit A D E K, Folat, Kalsium, Fosfor, Zat Besi, Seng dengan takaran yang diatur .

Kebutuhan gizi 6- 11 bulan
Energi, Protein, Lemak, Vitamin A, D, E, K, Folat Fosfor, Zat Besi dan Seng dengan takaran yang diatur.

Kebutuhan gizi 0-12 bulan
Karbon Hidrat, Lemak, Protein Vitamin dan Mineral

Kebutuhan gizi 7-11 bulan
menurut WHO makan selingan untuk bayi adalah; pisang , alfokat, mangga, buah- buahan Kentang biskuit puding/buah.

C. BALITA USIA 2 -3 TAHUN

Gizi memerlukan peranan penting dalam proses pertumbuhan anak balita dan jika tidak terpenuhi asupan gizinya maka dapat mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan terggangu dan dampaknya akan terlihat hingga dewasa.

Sesuai dengan namanya masa balita, kebutuhan gizi yang sangat tinggi ini dikarenakan pada masa ini masa periode emas yang sangat penting dan tidak boleh sampai terlewatkan sebab diusia seperti ini, perkembangan anak balita sudah berkembang semakin pesat dalam segala sisi, utamanya dalam perkembangan otak, karena sekitar 80% perkembangan kognitif akan terjadi pada 3 tahun pertama dalam kehidupanya.

Menariknya lagi 90% perkembangan otak akan terus berkembang sehingga si kecil berusia 5 tahun dan ini menjadi pondasi perkembangan sepanjang masa kanak-kanak hingga dewasa.

Sebaliknya kekurangan gizi pada nasa ini, bisa mempengaruhi kesiapan bersekolah, karena hasil penelitian kekurangan gizi pada usia ini beresiko mempengaruhi proses berpikir, berprilaku dan produktivitas anak di sekolah.

Adapun kebutuham gizi usia balita 1 -3 tahun adalah energi 1350 kkal, Protein 20 gram, Lemak 45 gram, Karbon Hidrat 215 gram, Serat 19 gram dan air 1150 ml.

Sementara kebutuhan vitamin berupa vitamin A , 400 Re, D, 15 mikrogen, E 6 meg, bitamin K 15 meg , B1 0,5 mg , B2 0,5 mg , B3 6 mg , B5 2 mg , B6 0,5 mg , Folat 160 mg dan Kolin 200 mg

Kebutuhan mineral kalsium 650 mg, Fosfor 460 mg, magnesium 65 mg , besi 7 mg, natrium 800 mg, lodium 90 mg, zinc 3 mg, seleknium 18 mg dan mangan 1,2 mg                            Bersambung Ke Bagian 25

Pewarta: Asep Sutanto
Editor: Suherman

Unit Samapta Polsek Solokanjeruk Laksanakan Patroli Dialogis Antisipasi Rawan TindakPidana

Previous article

Kapolresta Bandung dan Manajemen Persib Jenguk Steward Korban Pengeroyokan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik