KHAZANAH ISLAM

Masjid Al Jabbar Diresmikan Sebagai Masjid Raya Jawa Barat

0

Bandung, telepastinews.com — Masjid Al Jabbar di kawasan Gedebage, Kota Bandung, diresmikan sebagai Masjid Raya Provinsi Jawa Barat, Jumat (30/12).

Ribuan masyarakat Jabar yang mayoritas ibu-ibu majelis taklim, terlihat antusias mengikuti acara peresmian.

Mereka, menggunakan dress code gamis berwarna putih dengan kerudung berwarna-warni sesuai dengan kelompok Majelis Taklimnya. Ibu-ibu tersebut, berasal dari area Bandung Raya seperti Cimahi, Kabupaten Bandung dan daerah lainnya. Selain itu, ada yang berasal dari Tasikmalaya, Cirebon dan Bogor.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Selain itu, peresmian masjid juga dihadiri sejumlah pejabat kementerian, para kepala daerah, serta Wali Kota Bandung Yana Mulyana.

Yana menyambut positif hadirnya Masjid Raya Al Jabbar yang terletak di Kota Bandung. Ia bersyukur masjid yang juga memuat khazanah perjalanan umat Islam di Indonesia kini hadir di Kota Bandung.

“Kami menyambut positif. Semoga bermanfaat dan menjadi kebaikan untuk kita semua, khususnya bagi masyarakat Kota Bandung,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya menyebut pembangunan Masjid Raya Al Jabbar memiliki sejarah panjang sejak 2017.

Saat itu, Emil, sapaan akrabnya, masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung, bertindak sebagai arsitek dari Masjid Raya Al Jabbar. Proses groundbreaking dilakukan di era Gubernur Ahmad Heryawan.

“Bukan kebetulan, masjid ini memiliki latar belakang matematis (Aljabar atau Al Jabbar), dan juga Jabbar, bisa dikaitkan dengan singkatan dari Jawa Barat. Mari, kita makmurkan masjid ini,” ucapnya.

Masjid yang dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektare ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang, dengan rincian 10.000 orang di area dalam (indoor) dan 20.000 orang di area plaza.

Selain itu, terdapat 27 pintu yang menyimbolkan 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat yang disimbolkan oleh desain batik setiap Kota dan Kabupatennya.

Di area bawah masjid, terdapat juga museum digital yang berisi materi perjalanan peradaban Islam di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

Masjid yang juga populer dengan sebutan ‘Masjid Terapung’ ini juga dikelilingi danau retensi sebagai penyerap air yang datang dari utara menuju selatan kawasan Kota Bandung.

(Suherman)

Dalam Rangka Pemeliharaan Kamtibmas, Polres Sumedang Laksanakan Program Jumat Curhat

Previous article

PATRIOT SILIWANGI SEJATI JUMROH ( JUMAT KLIWON ZIAROH) KE MAKOM BATU LONCENG

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *