Pendidikan

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK BHS Sumedang Tahun 2023 Digelar di Makodim 0610/Sumedang

0

Sumedang, telepastinews.com ,– Kodim  0610/Sumedang menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) SMK BHS  Sumedang Tahun 2023, Kegiatan ini  berlangsung di Makodim 0610/Sumedang, Jalan Pangeran Kornel Nomor 164, Kelurahan Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan. Rabu(01/11/2022).

Dalam sambutannya Dandim 0610/Smd Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si(Han) mengatakan, LDKS salah satu upaya menanamkan jiwa kepemimpinan siswa sejak dini dan untuk membentuk karakter kepemimpinan siswa. “Untuk itu kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa seperti yang berlangsung saat ini menjadi sangat penting untuk diselenggarakan. Dengan tujuan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda,” jelas Dandim.

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta LDKS dari SMK BHS Sumedang agar tetap dalam keadaan sehat wal’afiat. Mengingat di tengah perkembangan dunia modern saat ini, telah membawa pengaruh yang cukup besar tidak hanya pengaruh positif. Akan tetapi juga pengaruh negatif yang kadang ketika para generasi muda kurang mampu memfilter, hal itu sangat riskan bagi perkembangan psikis serta mentalitas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 Sehubungan itu, lanjut Dandim, pada kesempatan dimaksud para peserta akan dibekali pengetahuan oleh para pelatih. Beberapa pembekalan tersebut tentang fase sejarah perjuangan bangsa, wawasan kebangsaan, teori kepemimpinan.

Hal itu dilakukan dalam upaya meningkatkan wawasan serta pengetahuan termasuk kegiatan praktek lapangan dan keterampilan. “Untuk menggugah sikap kedisplinan, kepedulian, kebersamaan, rasa tanggungjawab. Dengan harapan kelak akan tumbuh generasi muda yang tangguh berkepribadian dan mampu bersaing secara sehat dalam setiap lini kehidupan,” ungkapnya.

Dandim menambahkan, untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan harus memiliki pengetahuan, kemampuan serta kedisiplinan. Selain itu memiliki fisik sikap mental yang baik. Oleh karena itu, melalui kegiatan LDKS ini diharapkan para siswa-siswi dari SMK BHS Sumedang dapat meningkatkan jiwa patriotisme rasa nasionalisme. Rasa cinta terhadap tanah air, memiliki integritas, sikap sopan santun, saling menghargai dan menghomati serta toleransi.

“Kita sadari bersama bahwa generasi muda merupakan potensi serta modal bangsa. Karena di pundak merekalah harapan bangsa ini, untuk dapat membawa bangsa lebih maju dimasa masa yang akan datang. Untuk itu kalian harus bisa mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan sebagai bagian dari perkembangan dunia,” jelas Dandim.

 Sejarah bangsa akan ditentukan para pemuda sebagai pemegang estafet kepemimpinan bangsa berikutnya. Para peserta LDKS sebanyak 101 orang, dilaksanakan selama 3 hari hingga jum’at (03/11/2023). (pendim)

Pewarta: Asep R

Sambang Kamtibmas Bhabinkamtibmas Desa Sukawening kepada Warga setempat dalam rangka Quick Wins Presisi Polri dan Sosialisasi Hotline Pelayanan Polri melalui Call Center 110 dan Aplikasi Super App Polri

Previous article

Pastikan berjalan Aman, Binmas Desa Cimekar Dampingi penyaluran BLT DD T.A 2023

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan