Feature

Kisah Inspiratif, Bripka Yudha Permana Jadi Guru di Kantor Desa

0

Sumedang, telepastinews.com –  Fenomena dunia pendidikan yang sangat miris, dimana Kecamatan Jatinangor yang merupakan Pusat Kawasan Pendidikan namun masih ada masyarakat yang kurang mampu tidak bisa sekolah diwilayah tersebut dikarenakan administrasi yang tidak menunjang, seperti Kartu Keluarga, KTP Dosmisili, Akta Kelahiran, dan lain-lain sehingga anak tersebut selalu di tolak oleh pihak sekolah, kejadian ini menimpa keluarga Tika Mulyani.

Bripka Yudha Permana Bhabinkamtibmas Desa Sayang Polsek Jatinangor Polres Sumedang, berinisiatif untuk membantu anak-anak Tika Mulyani belajar di Kantor Desa Sayang Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Berawal dari permasalahan keluarga, Bripka Yudha Permana datang ke rumah kontrakan Tika Mulyani di Dusun Neglasari RT. 01 RW. 03 Desa Sayang, Yuda menanyakan pekerjaan anak-anaknya, Tika menjelaskan “Jangankan kerja, sekolahpun anak saya tidak” ujar ibu dari 4 anak.

Alasan anak-anaknya tidak sekolah karena keluarga Tika Mulyani sering berpindah-pindah tempat tinggal (ngontrak) sehingga kesulitan untuk mengurus administrasi guna persyaratan masuk sekolah.

Tika menuturkan, suaminya sering keluar masuk Lembaga Permasyarakatan  dan sekarang juga masih ditahan jadi sering pindah-pindah, tapi di sini Alhamdulillah Pak Kades telah memberikan surat domisili sementara, ujarnya.

BACA JUGA :  Om Tentara Datang, Dede Iqbal Lekas Sembuh

Selanjutnya Yudha mengundang Tika dan anak-anaknya ke kantor Desa Sayang dan Yudha berinisiatif untuk mengajar anak-anak Tika di Kantor Desa Sayang dengan harapan kelak saat diterima di sekolah formal tidak akan ketinggalan materi pelajaran.  Bukan hanya menjadi guru bagi anak-anak Tika, Yudha pun membelikan peralatan buku dan alat tulis.

Kepala Desa Sayang Dodi Kurnaedi, S.Pdi. sangat mendukung program mengajar yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas, pihaknya merasa berbangga dan berterima kasih kepada Bhabinkamtibmas sebagai Pembina Desa Sayang yang peduli terhadap pendidikan warganya dan merasa termotivasi, mudah-mudah ini yang terakhir tidak ada lagi warga yang tidak bisa masuk sekolah, ujar Dodi

Dilihat dari sisi kemanusiaan dan sosial desa sudah memberikan domisili sementara dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk membuat Kartu Keluarga dan KTP untuk Tika Mulyani, tambah Dodi.

Guna mendukung sang inspiratif Brika Yudha Permana, Kasat Binmas Polres Sumedang AKP Baban Kusbandi mengambil langkah-langkah diantaranya konsultasi dan koordinasi dengan Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dan instansi yang terkait

BACA JUGA :  Siapkah Kamu jadi Generasi Emas 2045

Sementara suami dari ibu anak-anak tersebut diatas adalah salah satu residivis yang sampai saat ini masih berada di Lembaga pemasyarakatan, namun hal tersebut bukan menjadikan alasan bagi kami selaku Kasat Binmas dan Bhabinkamtibmas untuk tidak membantu, namun kami lebih melihat dari sisi kemanusiaannya, sehingga Polri yang humanis dapat dirasakan kemampaatannya bagi masyarakat sebagai mahluk sosial sesuai dengan Motto Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan, S.H., S.I.K., yaitu “Polres Sumedang Bermartabat Bermanfaat, Tanggap dan Bersahabat”, pungkas Baban Kusbandi.

(herman)

 

Satbinmas Polres Sumedang dengan SMK Informatika Sumedang Mengadakan Binkoordinasi Dalam Rangka Antisipasi Kekerasan di Kalangan Pelajar

Previous article

Kapolri Apresiasi Dukungan Moril dan Kepercayaan Purnawirawan Jenderal ke Para Juniornya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature