Seni & Budaya

Ketua Divisi Bidang Aset YPS Bagikan Hasil Panen Kepada 46 Yatim Piatu dan Jompo

0

Sumedang, Telepastinews.com – Yayasan Pangeran Aria Suria Atmadja (YAPASA) yang didirikan pada tahun 1950. Pada tahun 1955 berganti nama menjadi Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) berdasarkan catatan perdamaian dan diputuskan oleh pengadilan negeri Sumedang, YPS sebagai lembaga yang bertujuan meneruskan, mengurus, memelihara dan mengelola barang-barang wakaf leluhur Sumedang.

Pangeran Sumedang pernah berikrar dalam wakafnya, ikrar pangeran dalam bahasa sunda yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia yang berbunyi sebagai berikut ;
“Tidak boleh diwariskan, tidak boleh digugat oleh siapapun, tidak boleh dijual, tidak boleh dirobah-robah, tidak boleh ditukar-tukar dan di ganti-ganti”

Sebagai wujud nyata pengabdian dan menunaikan amanah wakaf leluhur Sumedang, Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) Ketua Divisi Bidang Aset Yayasan Pangeran Sumedang yang akrab disapa Abah Rahmat dan Ambu Rieka, membagikan sebagian hasil panen sawah wakaf yang sudah berupa uang ke beberapa para jompo dan yatim piatu yang ada di wilayah sawah wakaf Pasangrahan, kerjasama dengan koordinator lapangan yang diketuai oleh Bapa Adang yang akrab disapa Wa Adang.

Bantuan tersebut dapat dibagikan kepada 46 orang yatim piatu dan jompo di empat wilayah (Pasangrahan, Salareuma, Lebakhuni dan Padasuka), ujar Wa Adang.

Acara tersebut dilaksanakan usai Sholat Jumat (9/12/2022) di kediaman Wa Adang di Kp
Salareuma, Kelurahan Pasangrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan.
Acara dihadiri oleh Abah Guriang/Ustadzt Yono salah seorang budayawan Sunda Kabupaten Sumedang.

Acara serupa pernah di laksanakan oleh Divisi Bidang Aset YPS di daerah sawah wakaf yang berada di wilayah Desa Sukaratu Kecamatan Darmaraja beberapa bulan sebelumnya, bahkan pada waktu itu acara tersebut di balut dengan gaya budaya tradisional “MAPAG NYAI, AMPIH PARE” menyesuaikan adat tradisi di daerah tersebut.

Pada saat itu acara juga dihadiri oleh beberapa perwakilan Dinas Pariwisata Kabupaten Sumedang, Polsek Darmaraja, komunitas budaya dan para budayawan Kabupaten Sumedang.

Acara “MAPAG NYAI, AMPIH PARE” sebagai bukti kepedulian Yayasan Pangeran Sumedang (YPS) terhadap pelestarian adat budaya tradisional Nusantara pada umumnya dan menjaga adat budaya tradisi kearifan lokal pada khususnya di Kabupaten Sumedang.

(Ediyana. P)

Dukung Ketahanan Pangan, Danramil Rancakalong Gelar Tanam Padi Serentak

Previous article

Jumat Berkah, Polres Sumedang Bagikan Nasi Kotak Kepada Masyarakat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *