NasionalPolitik

Gegara bagi bagi minyak goreng sambil kampanye Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ditegur Jokowi

0

Jakarta – Telepastinews.com

Gara gara video viral Mendag Zulkifli Hasan membagi bagikan minyak goreng “Minyakita” sambil berkampanye agar putrinya menang pada Pilkada mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menegur Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan memintanya untuk  lebih fokus bekerja, menstabilkan harga minyak goreng curah.

Presiden Jokowi menegaskan, agar  semua menteri untuk fokus bekerja. Menteri Perdagangan fokus hal yang paling penting , bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu atau di bawah Rp 14 ribu. Hal tersebut disampaikan Jokowi di Pasar Sukamandi, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (12/7/2022). Seperti yang di kutip dari laman Tribunnews.com.

Jokowi juga mengungkapkan dari sejumlah pasar yang dikunjunginya. harga minyak goreng curah memang sudah berada di kisaran harga tersebut.

Jokowi meminta seluruh menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Terutama menteri-menteri yang bekerja di bidang energi dan pangan. Agar bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Ia meminta agar menteri tetap fokus pada pekerjaannya. Karena dunia terdisrupsi di energi dan pangan. 

Sebelumnya, video Zulhas membagikan minyak goreng merek ‘Minyakita’ kemudian Futri Zulya dipilih di pileg mendatang viral dan menjadi kontroversi di tengah masyarakat.

BACA JUGA :  Polri Gelar Lomba Kreasi Setapak Perubahan dan Festival Musik Bhayangkara

Pada video yang viral di media sosial itu, Zulkifli Hasan mengajak warga untuk memilih anaknya yang maju sebagai calon anggota DPR daerah pemilihan Lampung 1. Sambil membagi-bagikan minyak goreng di Kecamatan Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Dalam video yang viral di media sosial, Senin (11/7/2022) awalnya Zulhas menyampaikan sambutan di hadapan ibu-ibu yang hadir. Zulhas juga terlihat sempat berinteraksi dengan ibu-ibu dan menanyakan program minyak goreng murah di eranya sebagai Mendag, Minyakita.

Setelah itu, Zulhas meminta ibu-ibu yang mendapatkan dua liter ‘Minyakita’ secara gratis itu untuk memilih Futri dan berjanji akan menggelar kegiatan bagi-bagi setiap dua bulan sekali.

Video tersebut kontan saja mendapatkan kritikan tajam dari berbagai kalangan. Terutama di kalangan legislatif.

“Mestinya Mendag fokus mengatasi masalah minyak goreng dalam waktu sesingkat-singkatnya. Bukannya malah memanfaatkan situasi untuk berkampanye,” kata anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin kepada wartawan, Selasa (12/7/2022).

Ia menilai Zulhas seharusnya dapat membuktikan kinerjanya menuntaskan persoalan minyak goreng. Terkait jabatannya sebagai Ketua Umum partai politik serta dapat menjaga etika berpolitik.

BACA JUGA :  Dari 18.117 Gapura se Indonesia RW 01 Cikeruh Raih Posisi 4 Dalam Lomba Selfie Gapura Merah Putih Tingkat Nasional Nippon Paint

Sementara itu, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani, menilai apa yang dilakukan Zulhas sangat tidak patut dan hal tersebut sangat disayangkan. Dia yakin publik telah membaca tindakan Zulhas sebagai penyalahgunaan kekuasaan karena mendahulukan kepentingan pribadi di atas tugas.

Begitu juga dengan Waketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid yang menilai sikap Zulkifli Hasan berkampanye saat membagikan minyak goreng gratis keterlaluan. Apalagi pada saat itu Zulhas sedang dalam kapasitasnya bekerja sebagai menteri.

“Kami melihat ketum partai memang boleh berkampanye. Tapi jangan begitu banget. Itu bisa bikin malu. Jangan keterlaluan. Apalagi bawa anaknya. Ini membuat pelajaran buat kami yang di partai. Kita boleh kampanye. Saya yakin dia enggak pakai fasilitas negara,” Ujar Jazilul.

Namun komentar berbeda muncul dari Ketua DPP PAN Saleh Partaonan Daulay berkilah kegiatan Zulhas di video itu murni kegiatan partai, yakni PANsar Murah di Telukbetung Timur, Bandar Lampung.

Ketua Fraksi PAN DPR RI itu berujar, kebetulan pada kegiatan tersebut dilaksanakan pembagian minyak goreng murah, MinyaKita.Karena itu adalah kegiatan partai, kata dia, pengadaan minyak goreng tersebut dilakukan secara swadaya.

BACA JUGA :  KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman mengukuhkan Habib Luthfi sebagai warga kehormatan TNI AD

Kepada wartawan, Selasa (12/7/2022). Seperti yang dikutip dari Tribunnews.com. Saleh mengatakan kehadiran Zulhas dalam kegiatan itu adalah dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum PAN. Sebagai Ketua Umum, tentu memiliki tanggung jawab untuk menjelaskan apa yang dikerjakan untuk masyarakat. Seharusnya bisa diapresiasi dengan baik.

Hal senada juga dilontarkan oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi, Zulkifli Hasan tidak menyalahgunakan kekuasaan atau abuse of power sebagai Menteri Perdagangan, saat membagikan minyak goreng murah kepada masyarakat Bandar Lampung.

Viva berujar, Zulhas sebagai Ketua Umum PAN akan bertemu dengan kadernya secara fisik pada hari libur, yakni Sabtu dan Minggu. Atau selepas jam kantor secara formal dan  tidak akan mengganggu tugas dan tanggung jawab sebagai menteri.

Disinggung soal teguran Jokowi kepada Zulhas, Viva menilai pesan kepala negara itu wajar lantaran saat ini persoalan pangan dan energi berpotensi menjadi krisis global. Efek perang Rusia-Ukraina serta inflasi global semakin memperburuk situasi global yang tentu berdampak ke nasional.

Dirinya percaya dan yakin jika menteri perdagangan akan bekerja serius, fokus, terencana sesuai tugas pokok fungsinya, sebagaimana yang ditugaskan oleh Presiden Jokowi.

Agus

Kapolri akan melibatkan Komnas HAM dan Kompolnas dalam kasus Polisi tembak Polisi di rumah dinas Kadiv Propam Polri

Previous article

Kunjungan kerja Pangdam III Siliwangi ke Markas Batalyon Armed 5/105 Panca Giri di Cianjur

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nasional