Politik

Memahami Strategi Kebijakan Prabowo Subianto dalam Memaknai Makan Siang Gratis Bergizi bagi Anak-Anak Sekolah, Balita dan Ibu Hamil.

0

Bandung, telepastinews.com – Anak Usia 3-6 tahun membutuhkan nutrisi seperti Omega 3,6, zat besi dan vitamin C untuk meningkatkan kognitif serta sarapan pagi sangat bermanfaat untuk energi anak saat belajar di sekolah, pada usia ini juga anak-anak wajib menyuplai gizi karena usia ini periode emas yang sangat penting, kekurangan gizi pada usia ini cenderung berisiko mempengaruhi proses berpikir, berprilaku dan produktivitas anak di usia sekolah.Anak di usia 3-6 tahun menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Permarkes No 28 tahun 2019 sebagai berikut :

Kebutuhan Gizi Usia 4-5 Tahun
1. Energi 1400 kkal
2. Protein 25 gr
3. Lemak 50 gr
4. Karbon 220 gr
5. Sent 20 gt
6. Air 1450

Kebutuhan Vitamin Usia 4-5 Tahun
Vit A 450 RE
Vit D 15 mg
Vit E 7 mg
Vit K 20 mg
Vit B1 0,6 mg
Vit B2 0,6 mg
Vit B3 8 mg
Vit B5 3 mg
Vit B6 0,6 mg
Vit B12 1,5 mg
Folat 200 mg
Biotin 12 mg
Kolin 250 mg
Vit C 45 mg

E. SEKOLAH DASAR ( SD ) USIA 6-12 TAHUN
Sekolah Dasar adalah pendidikan anak berusia 6-12 atau 7-13 tahun sebagai kelanjutan dari pendidikan TK yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah, sosial dan budaya, di sekolah dasar dituntut agar dapat menguasai semua bidang dan bagaimana menguasainya.

Tujuan pendidikan dasar adalah untuk meletakan kecerdasan dasar pengetahuan, kepribadian, ahlak mulya dan keterampilan untuk hidup secara mandiri.

Suplai makanan bergizi pada usia SD tak hanya sebatas membuat perut kenyang melainkan juga perlu mencukupi gizi harian secara seimbang dan sangat penting bagi orang-orang tua untuk mengetahuinya.

Semakin bertambahnya usia dan banyak kegiatan yang dilakukan oleh anak maka semakin besar pula jumlah kalori yang dibutuhkan, adapun kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk usia SD antara Usia 6-12 tahun harus di cukupi sebesar 1400 -2000 kkal setiap hari.

Adapun kebutuhan gizi untuk anak sekolah dasar adalah :

1. Karbon Hidrat
Ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan ini sumber energi dan tenaga bagi tubuh, Contoh : Nasi, Ubi, Ketela, Kentang dan Jagung.

2. Protein
Ini sangat dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan sel, meningkatkan kekuatan otak, menjaga fungsi organ, membentuk sel baru, menganti sel-sel yang rusak, Contoh : Daging ayam, Daging sapi, Ikan, Tahu, Tempe, Kedelai dan Kacang hijau .

Bersambung Ke Bagian 27

Pewarta: Asep Sutanto
Editor: Suherman

Dukung Pilkada Tahun 2024, Polsek Cangkuang Ajak Kader PKK Sosialisasikan Pilkada kepada Pemilih Pemula

Previous article

Kesibukan Arus Lalin, Unit Samapta Polsek Baleendah Laksanakan Gatur Lalu Lintas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik