DaerahSeni & Budaya

Ribuan Warga Sumedang Padati Alun-Alun untuk Kirab Alit dan Jamasan Pusaka

0

Sumedang, telepastinews.com ,– Setelah sekian lama absen di Alun-Alun Sumedang, acara Kirab Alit dan Jamasan Pusaka kembali digelar dengan kemeriahan pada Kamis (05/09/2024). Ribuan warga dari berbagai pelosok Kabupaten Sumedang tumpah ruah memadati lokasi untuk menyaksikan perhelatan budaya yang sarat makna ini, yang diselenggarakan oleh Karaton Sumedang Larang.

Kirab Alit kali ini menampilkan Mahkota Binokasih, simbol kebesaran Sumedang, bersama tujuh pusaka leluhur lainnya, di antaranya Pedang Kimastak, Keris Ki Dukun, Keris Panunggul Naga, Badik Curug Aul 1, Badik Curug Aul 2, serta dua Keris Nagasastra milik Pangeran Panembahan. Pusaka-pusaka tersebut diarak dengan penuh kehormatan, menandai pentingnya pelestarian warisan budaya yang dijaga Karaton Sumedang Larang.

Mahapatih Karaton Sumedang Larang, Rd Lily Djamhur Soemawilaga, yang juga Ketua Pelaksana acara, menyampaikan dalam sambutannya, “Acara Kirab Alit dan Jamasan Pusaka yang biasa digelar di Bale Agung Srimanganti, kali ini kami laksanakan di Alun-Alun Sumedang. Ini adalah agenda rutin Karaton Sumedang Larang yang telah berlangsung turun-temurun.”

Usai prosesi kirab, acara dilanjutkan dengan Jamasan Pusaka, yakni pembersihan pusaka-pusaka yang telah diarak sebagai bentuk penghormatan dan perawatan atas peninggalan leluhur.

“Karaton Sumedang Larang berupaya menjaga dan melestarikan warisan budaya para leluhur Sumedang,” lanjut Rd Lily Djamhur Soemawilaga.

Selain prosesi adat, Karaton Sumedang Larang juga mempersembahkan Gugunungan, sebuah simbol rasa syukur berupa hasil bumi, yang dibagikan kepada masyarakat sebagai bentuk perayaan menyambut bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW 1446 H.

“Hasil bumi ini dipersembahkan bagi masyarakat Sumedang yang hadir sebagai ungkapan rasa syukur,” tutupnya.

Acara yang berlangsung khidmat dan meriah ini memperlihatkan antusiasme tinggi masyarakat dalam menghargai dan melestarikan warisan budaya yang telah terjaga turun-temurun di Kabupaten Sumedang.
(Steven Gervan)

Program Bakti Kemandirian Masyarakat Kodim 0610/Smd Triwulan III 2024

Previous article

Bhabinkamtibmas Desa Ciparay Bripka Kokon Nurjaman Laksanakan Pengamanan Pembongkaran Atap Blok Undiya Pasar Ciparay

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Daerah